Khasiat, Keutamaan, Makna Dan Kandungan Surah Al-Insyirah ( Alam Nasyrah ) –...

Khasiat, Keutamaan, Makna Dan Kandungan Surah Al-Insyirah ( Alam Nasyrah ) – Kelapangan Hidup

BERBAGI
Surat-Alam-Nasyroh

Keajaiban Sholawat – Rahasia Sholawat – Majelis Sholawat – Yuk sholawat ! Kisah Keajaiban Sholawat: Khasiat, Keutamaan, Makna Dan Kandungan Surah Al-Insyirah ( Alam Nasyrah ) – Kelapangan Hidup.

Menurut para ulama, surat Alam Nasyrah diturunkan di Makkah setelah surat adh-Dhuha sebagaimana urutannya dalam mushaf usmany.

Surat ini memiliki beberapa nama selain Alam Nasyrah, di antarnya: asy-Syarh, seperti yang terdapat dibanyak cetakan mushaf sekarang dan buku-buku tafsir. Juga al-Insyirah seperti yang disebutkan Imam Jalaluddin as-Suyuthi dan Ibnu al-Jauzy dalam tafsirnya.

Kandungan Surah Al-Insyirah ( Alam Nasyrah )

Surat ini merupakan kelanjutan surat sebelumnya, karena sama-sama membahas kepribadian Nabi Muhammad saw dan kondisi yang dihadapi oleh beliau.

Keduanya juga menyebutkan kenikmatan-kenikmatan yang diberikan Allah. Jika di surat sebelumnya Allah menyebutkan tiga nikmatnya: Allahlah yang memberikan ‘inayah (perlindungan) saat kondisi beliau yatim, fakir dan kebingungan.

Maka pada surat ini, Allah tambahkan tiga nikmat-Nya yang lain:

  1. Nikmat kelapangan dada,
  2. Meringankan beban beliau saat berhadapan dengan kaumnya ketika menyampaikan risalah kenabian yang tak ringan,
  3. Allah tinggikan kedudukan dan derajat beliau baik di bumi maupun di langit melebihi segala ciptaan-Nya yang pernah dan yang akan ada.

Hal ini hanya diperuntukkan kepada beliau demi menghibur sekaligus menguatkan azamnya. Di tengah teror yang tak henti-hentinya dari musyrikin Makkah.

Di akhir surat ini, Allah memerintahkan untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya, juga untuk beribadah setelah menyampaikan risalah.

Baja Juga:   Pesugihan Islam

Perpindahan-perpindahan aktivitas tersebut merupakan refleksi rasa syukur kepada Allah swt atas karunia nikmat-nikmat-Nya yang sangat banyak yang tak memungkinkan untuk dihitung-hitung apalagi untuk dibalas.

Redaksi Surah Al-Insyirah ( Alam Nasyrah )

Surat-Alam-Nasyroh

بسم الله الرحمن الرحيم

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ
“Alam nasyrah laka shadrak”

[94:1] Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,
[94:1] Have We not expanded for you your breast,

وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ
“Wawadha’naa ‘anka wizrak”

[94:2] dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,
[94:2] And taken off from you your burden,

الَّذِي أَنقَضَ ظَهْرَكَ
“Alladzii anqadha zhahrak”

[94:3] yang memberatkan punggungmu?
[94:3] Which pressed heavily upon your back,

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ
“Warafa’naa laka dzikrak”

[94:4] Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,
[94:4] And exalted for you your esteem?

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
“Fa-inna ma’a l’usri yusraa”

[94:5] Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan,
[94:5] Surely with difficulty is ease.

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
“Inna ma’a l’usri yusraa”

[94:6] sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.
[94:6] With difficulty is surely ease.

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانصَبْ
“Fa-idzaa faraghta fanshab”

[94:7] Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,
[94:7] So when you are free, nominate.

وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَب
“Wa-ilaa rabbika farghab”

Baja Juga:   Keutamaan Bacaan Sholawat Nabi

[94:8] dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.
[94:8] And make your Lord your exclusive object.

Khasiat dan Keutamaan Surah Al-Insyirah ( Alam Nasyrah )

Surat Al Insyirah atau yang biasa disebut surat Alam Nasyroh seringkali kita dengar dan baca ketika melaksanakan shalat wajib. Ini karena surat tersebut tergolong pendek dan mudah untuk dihafal.

Tak hanya berbuah pahala, beragam surat dalam Al Quran juga mengandung keutamaan dan khasiat yang beragam. Surat Al Insyirah pun tentu saja memiliki keutamaan yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dan ujung-ujungnya adalah untuk bisa lebih banyak beramal kepada Allah.

Tak banyak yang mengetahui tentang fadilah Al Insyiroh. Oleh karenanya berikut akan kami paparkan manfaat surat Al Insyirah yang sangat dahsyat tersebut.

1. Akan Diberi Kelapangan Dalam Hidup

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barang siapa membaca surat Al Insyirah seperti ia mendatangi aku dan aku mengambil kesempatan maka menjadi suatu kelapangan dariku.”

Tentunya setiap orang menginginkan kelapangan dalam hidupnya baik itu dalam pekerjaan, rumah tangga ataupun kehidupan sosial. Karenanya dawamkan surat Al Insyirah ini sesering mungkin.

2. Dimudahkan Dan Dilancarkan Rezekinya

Agar bisa dimudahkan dan dilancarkan dalam menggapai rezeki, maka kita diharuskan membaca surat Al Insyirah ketika selesai shalat fardhu. Bacalah surat ini setelah berdzikir atau di sela-sela dzikir yang biasa kita lakukan. InsyaAllah pertolongan Allah akan segera mendekat.

Baja Juga:   Yuk Bershalawat, Apapun Keinginan Kita Inshaa Allah Terkabul

3. Dilapangkan Hatinya

Masalah yang bertubi-tubi bisa membuat hati menjadi sempit dan berputus asa. Karenanya bagi seorang yang beriman diharuskan membaca surat ini ketika tengah mengalami kesulitan. Dalam salah satu ayatnya pun Allah berfirman, “Sesungguhnya bersama kesusahan ada kemudahan.” Oleh karenanya kita harus optimis bahwa Allah akan menolong hambaNya selagi kita terus memperbaiki diri dan memohon kepadaNya.

4. Dikaruniakan Kekayaan Yang Melimpah

Bagi yang ingin kehidupannya lebih baik, cobalah untuk mendawamkan surat Al Insyirah sebanyak 40 kali setelah shalat fardhu. Lakukan selama 7 hari berturut-turut setiap waktunya. InsyaAllah rezeki yang melimpah akan segera didapat.

5. Dimudahkan Memperoleh Pekerjaan

Bagi yang kesulitan mendapatkan pekerjaan, cobalah laksanakan shalat sunat mutlak dua rakaat. Bacaan surat di dalam shalat tersebut bebas sesuai dengan yang kita bisa. Kemudian setelah shalat, bacalah surat Al Insyirah sebanyak huruf dari surat tersebut. Setelah itu mohonkanlah apa yang menjadi keinginan kita.

Itulah beberapa fadilah, manfaat dan keutamaan dari surat Al Insyirah yang bisa diamalkan dengan mudah. Lakukan semuanya dengan mengharapkan pertolongan dari Allah Ta’ala. Selain itu pahami juga artinya agar keyakinan kita semakin bertambah kuat.

Wallahu A’lam

disadur dari beberapa sumber