Hidup Terasa Sulit, Ini Solusinya !

Hidup Terasa Sulit, Ini Solusinya !

BERBAGI
solusi hidup sulit

Hidup Terasa Sulit, Ini Solusinya ! Banyak diantara kita yang selalu mengeluh, kenapa yah hidup ini sangat terasa sulit, padahal berbagai usaha sudah dilakukan, bahkan kerja dari pagi sampai pagi lagi, namun tidak juga ada perubahan.

Pada dasarnya Allah tidak menghendaki kita hidup selalu dirudung kesusahan dan kesulitan. Allah menginginkan kita hidup aman nyaman dan sejahtera didunia dan akhirat . Tapi mengapa banyak diantara kita yang hidupnya selalu dirudung kesialan dan berbagai kesulitan, keluar mulut serigala , masuk mulut buaya, keluar mulut buaya diterkam harimau , sudah jatuh ditimpa tangga pula . Hidup terasa sempit dan selalu berada dalam keadan tertekan. Wajah selalu tertunduk Jauh dari senyum dan tawa . Adakah sesuatu yang salah ?

Dalam surat as syuraa ayat 30 Allah mengingatkan bahwa apa saja musibah dan bencana yang menimpa kita sebenarnya berasal dari akibat perbuatan kita sendiri

30. Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). (As syuraa 30)

Banyak orang yang secara tidak sadar telah menzolimi diri nya sendiri , hingga selalu hidup dalam keadaan menderita dan dirudung berbagai kesulitan. Mereka tidak menyadari kalau semua kesulitan itu muncul sebagai akibat dari perbuatan mereka sendiri, mereka cenderung berkeluh kesah , menggerutu dan menyalahkan berbagai pihak.

Jika anda mengalami kondisi seperti diatas , janganlah anda sibuk menyalahkan lingkungan dan orang lain. Periksalah diri anda , karena sumber masalah sebenarnya ada pada diri anda sendiri , bukan pada orang lain. Beberapa langkah yang perlu anda ambil untuk membebaskan diri dari berbagai masalah dan kesialan beruntun yang tidak pernah berakhir itu antara lain sebagai berikut :

1. Perbaiki Shalat Anda

Coba anda teliti dan amati apakah anda sudah melakukan shalat dengan benar dan khusuk. Apakah anda mengerti semua ayat dan kalimat yang anda baca didalam shalat. Apakah hati dan fikiran anda sudah ikut shalat bersama dengan tubuh anda . Banyak orang yang shalat hanya badannya saja, sedang hati dan fikirannya tidak ikut sholat tapi melayang kemana mana tidak tentu arah.

Orang yang melakukan shalat dengan benar dan khusuk dijamin Allah tidak akan ditimpa kemiskinan, kemelaratan dan kepayahan hidup. Karena didalam shalat ada doa yang dibaca ketika duduk ifthirosh yang melindungi nya dari semua itu yaitu Robighfirli…warhamni….wajburni….warfa’ni…warzuk ni…wahdini…wa’afini….wa’fu anni. Ya Allah ampuni aku…rahmati aku…tutupi keburukanku…angkat derajatku…beri aku rezeki…beri aku petunjuki…maafkan aku. Doa ini dibaca pada setiap rakaat, berarti minimal 17 kali satu hari satu malam. Jika dibaca dengan sungguh sungguh dan penuh penghayatan mustahil ditolak Allah, hingga terpelihara dari kemiskinan, kemelaratan dan kepayahan hidup. Namun banyak orang yang membaca doa ini dengan tergesa gesa dan tidak memahami artinya sehingga doa ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Baja Juga:   Khasiat Dzikir Shalawat Shallallahu 'Ala Muhammad

Allah menjamin bahwa orang yang beriman dan melakukan shalat dengan benar dan khusuk pasti akan mendapatkan kemenangan dan kesuksesan dalam hidupnya , ini adlah janji Allah didala,m surat al Muk inuun ayat 1-2 :

1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman 2. (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sembahyangnya

2. Bersyukur pada Allah

Banyak orang yang selalu berkeluh kesah tidak puas dengan apa yang dialami dan dimilkinya. Kadang kala keluar umpatan dan makian dari mulutnya. Keluh kesah dan umpatan yang keluar dari mulut anda tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan hanya akan menambah sulit keadaan. Semua keluhan dan umpatan itu hanya akan mengundang datangnya berbagai kesulitan dan bencana pada diri anda.

Belajarlah untuk selalu bersyukur pada Allah atas semua nikmatnya sekecil apapun. Syukuri nikmat tubuh yang diberikan Allah pada anda, syukuri nikmat penglihatan, pendengaran, badan yang sehat, nafas yang lapang, berbagai makanan dan minuman yang anda nikmati, yang telah diberikan Allah pada anda. Jangan menyesali apa saja yang hilang atau luput dari diri anda. Tahan lidah dri mengeluarkan keluhan dan umpatan, atas apa yang menimpa anda.

Allah telah berjanji didalam surat Ibrahim ayat 7 jika anda bersyukur maka Allah akan menambah kenikmatan yang banyak pada anda namun jika anda tidak bersyukur maka Allah akan menimpakan azab dan berbagai kesulitan pada diri anda

7. Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih (Ibrahim 7)

3. Bersihkan hati

Bersihkan hati anda dari berbagai penyakit hati seperti marah, benci, dendam,dengki, kecewa, sedih, ghalau, cemas, gelisah dan lain sebagainya. Semua perasaan itu akan mengundang berbagai bencana dan kesulitan pada diri anda. Perasaan itu bisa mengundang dan menyebabkan setan dari golongan jin terjebak didalam tubuh anda. Setan jin yang terjebak ditubuh anda itu akan menimbulkan berbagai masalah pada diri anda , mulai dari kekacauan fikiran sampai berbagai macam penyakit non medis yang muncul ditubuh anda.

Bersihkan hati dan fikiran dari perasaan buruk seperti diatas dengan banyak berzikir memuji dan mengagungkan nama Allah sebagaimana diingatkan allah didalam surat al A’la 14-15

14. Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman), 15. dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia sembahyang. AL A’laa 14-15)

4. Perbanyak sedekah

Biasakan selalu bersedekah secara rutin setiap hari walaupun hanya dengan sebutir korma. Jangan biarkan sehari berlalu tanpa sedekah. Allah akan melipat gandakan sedekah yang anda keluarkan hingga sampai 700 kali lipat. Sebagaimana disebutklan Allah didala surat al Baqarah ayat 261 :

Baja Juga:   Makna Shalawat [Nya] Allah Kepada Nabi-Nya

261. Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui (Al Baqarah 261)

Jangan menunggu kaya untuk mulai bersedekah, mulailah saat ini juga walaupun hanya dengan uang 100 rupiah. Allah tidak melihat jumlah yang anda sedekahkan tapi melihat keikhlasan dan kesungguhan hati anda. Jika anda kikir tidak mau bersedekah maka Allahpun akan menyempitkan rezeki dan kehidupan anda, sebaliknya jina anda rajin bersedekah maka Allah akan melapangkan rezeki dan kehidupan anda.

5. Perbanyak zikir mengingat Allah

Usahakan hati dan fikiran anda selalu ingat pada Allah dimanapun anda berada baik ketika berdiri, duduk dan berbaring. Jika anda selalu ingat pada Allah maka Allahpun akan selalu ingat dan memperhatikan keadaan anda sebagaimana disebutkan didalam surat Al Baqarah ayat 152

152. Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku (AlBaqarah 152)

Jika anda lupa pada Allah maka Allahpun akan melupakan anda dan membiarkan anda mengatasi berbagai masalah anda seorng diri tanpa pertolongan dan bimbingan dari Nya.

Selalu ajak dan libatkan Allah dalam semua urusan anda . kalau mau makan dan minum jangan lupa baca bismillah, kalau mau keluar rumah jangan lupa mohon perlindungan dan naungan dari Allah, Sebutlah nama Allah dan minta bimbingan dan restunya setiap mau mulai mengerjakan apapun . Niscaya Allah akan melindungi dan menuntun anda .

6. Berfikir dan merasa positip

Umumnya kebanyakan orang ketika ditimpa musibah atau suatu masalah hati dan fikirannya fokus pada maslah itu. Bangun tidur yang pertama diingat masalah itu, mau mandi ingat masalah, mau makan ingat masalah, kemana saja ia pergi yang diingat hanya masalah itu, hin gga hidupnya tertekan dan stress. Hati hatilah apa yang selalu terbayang didalam hati dan fikiran anda cenderung akan terus berulang dalam kehidupan anda. Apa yang terbayang dihati dan fikiran anda merupakan blueprint kehidupan anda. Apa yang selalu anda bayangkan akan di copy paste kemasa depan anda. Hingga anda tidak pernah bisa keluar dari berbagai kesuliutan yang anda alami .

Anda harus segera memutus mata rantai kesialan yang menghantui hidup anda itu. Rubah suasana hati dan fikiran anda menjadi positip. Bayangkan dan rasakan sesuatu yang berbeda dengan apa yang sedang anda alami. Gunakan kekuatan daya imajinasi anda untuk membayangkan dan merasakan suatu suasana lain yang berbeda dengan kenyataan hidup anda. Bayangkan dan rasakan seolah olah anda hidup berkecukupan , mempunyai pekerjaan yang mapan, rumah, kendaraan , dan keluarga yang hidup sejahtera. Rasakan semua itu seolah olah nyata , hingga anda bisa tersenyum bahagia, tidak lagi cemberut dengan wajah berkerut. Ucapkan terima kasih dan rasa syukur mendalam pada Allah atas semua nikmat yang anda rasakan, walaupun pada kenyataannya tidak demikian , itu semua masih didalam imajinasi anda.

Baja Juga:   Susah Cari Kerja, Mau Kerja Sesuai Keinginan? Ini Loh Rahasianya !

Jika anda mampu mempertahankan imajinasi itu terus menerus , ia akan mencari jalan untuk menjelma jadi kenyataan . Dengan cara yang menakjubkan semua itu akan menjelma dalam hidup anda . Satu persatu kesialan anda akan hilang berganti dengan keberuntungan. Mulailah perubahan itu dari fikiran dan perasaan anda. jangan anda mempertahankan perasaan dan fikiran negatif didalam diri anda, walaupu itu merupakan kenyataan hidup yang anda alami. Jika ands tersihir oleh kenyataan hidup dan mempertahankan imajinasi negatif dalam fikiran anda, niscaya anda tidak akan pernah bisa keluar dari semua kesulitan yang anda alami. Segera rubah fikiran dan perasan anda menjadi positip.

7. Perbanyak mengerjakan sholat sunah

Selain mengerjakan shalat wajib 5 kali sehari sebanyak 17 rakaat, perbanyaklah mengerjakan shalat sunah yang telah dicontohkan Rasulullah seperti sholat sunah fajar, sholat dhuha, sunah rawatib , sholat malam atau sholat tahajud . Jika anda rajin mengerjakan semua sholat sunah itu maka Allah akan memberikan pada anda berbagai kenikmatan yang tidak pernah anda duga dalam kehidupan anda sebagaimana dijanjikan Allah didalam surat as Sajjadah ayat 17

17. Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan

Mereka yang banyak mengerjakan shalat sunah seperti diatas akan sering mendapatkan kejutan berbagai kenikmat yang menyenangkan didalam hidupannya. Mereka sering mendapat rezeki , dan keberuntungan didalam hidup dengan cara yang tidak terduga . Usahakan didalam sholat itu anda selalu membaca ayat ayat yanvg membangkitkan semangat dan motivasi anda. Sehingga anda selalu merasa optimis dan terhindar dari fikiran dan perassan negatif yang sering muncul dihati dan fikiran anda.

Jika selama ini hidup anda selalu sial dan dirudung berbagai kemalangan yang selalu datang secara beruntun dan tidak pernah berkesudahan , segera putuskan mata rantai kesialan itu dengan mengerjakan berbagai amalan seperti yang disebutkan diatas. Insya Allah hidup anda akan berubah, semua kesialan itu secara berangsur akan hilang dari hidup anda . Seperti air putih jernih yang dituang pada segelas kopi pada akhirnya air kopi yang hitam pekat akan berubah menjadi jernih dan bening. Berbagai kesialan dan kotoran akan terlempar dan lenyap dari diri anda.

Sumber : fadhilza.com